6 Mayıs 2011 Cuma

Keunikan Final Battle Datang Dari Ford Model A

 

Keunikan dalam pergelaran Final Battle Autoblackthrough datang dari hadirnya Ford Model A tahun 1903 milik Ferdin, 31, seorang kolektor benda-benda antik. Ini merupakan kali pertama Ferdin mencoba terjun sebagai kolektor otomotif, mobil kuno. Ditengah hingar-bingarnya modifikasi mobil-mobil tercanggih dan masa kini, Ferdin memiliki alasan mengapa ia datang kesini dengan koleksi mobil tuanya, "Saya memang memiliki interest khusus terhadap benda-benda antik dan saya mulai tertarik dengan mobil karena menurut saya mobil ini memiliki nilai sejarah dan boleh dibilang kehadiran Ford Model A ini merupakan tonggak sejarah dari mobil yang ada sekarang," ungkapnya.

Ford Model A memang termasuk salah satu mobil yang diproduksi pada masa peralihan dari kereta kuda ke peradaban yang lebih moderen, hal ini nampak tersurat dari bentuk dan modelnya yang masih layaknya kereta kuda atau biasa dikenal dengan istilah andong. Ferdin mendapatkan mobil ini pada seorang kolektor yang juga asal Jakarta dan pada waktu itu kondisinya tidaklah sebaik saat ini. Terlebih pada bagian dapur pacu yang mengharuskan mengalami peremajaan, spek-nya pun masih mengandalkan mesin standarnya yakni Flat-2 dengan sistem transmisi 2 percepatan.
Diakui oleh Ferdin diperlukan sebuah kesabaran dan semangat yang tinggi untuk membangun ulang mobil ini, terutama untuk spare part-nya yang sudah sanagt sulit diburu. Empat proses pengerjaan yang dilakukan saat membangun, pertama yakni mesin, renovasi bodi yang terbuat dari kayu jati berlanjut proses pengecatan setelah itu bagian akhir dilanjutkan pada perbaikan interior yang berlapiskan kulit.

Nilai originalitas merupakan faktor penting bagi seorang kolektor untuk tetap mempertahankannya. Sebab itulah proses jangka panjang dari modifikasi Ford Model A, Ferdin akan bertekad untuk menjaga dan melestarikannya keasliannya. Diakhir perbincangan, ia sempat menegaskan bahwa kita perlu juga melestarikan dan menjaga mobil-mobil antik seperti ini, karena bagaimanapun juga ini merupakan bagian dari sejarah kemajuan industri otomotif saat ini.